Sabtu, 08 Januari 2011

KEDAMAIAN UNTUK SEMUA

Ehm……………..bicara soal kedamaian , hal itu menyangkut konteks yang luas banget.

Tapi kalau menurut saya , kedamaian itu merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan rohani manusia (tentunya selain kehidupan jasmani) , karena dengan kita memiliki perasaan damai dalam hati kita , kita akan tenang dalam melakukan segala sesuatu karena kita bertindak dengan hati dan perasaan yang tenang , gembira dan damai sejahtera. Bahkan perasaan damai yang kita miliki dapat mempengaruhi keadaan fisik / jasmani kita (khususnya emosi / jiwa kita). Yang saya maksud adalah apabila kita lagi ingin marah , tetapi dengan kita memiliki hati yang damai sejahtera dapat meredam emosi kita. Ini kedamaian versi diri sendiri..


Lanjut , sekarang saya mau mengulas sedikit tentang kedamaian dalam konteks bangsa dan negara. Dalam suatu negara , konflik pasti terjadi , karena pengambilan suatu kebijakan oleh pemerintah dapat menimbulkan pro – kontra. Namun , hal itu menjadi sangat ironis ketika setiap perbedaan yang terjadi selalu dijadikan bahan untuk membuat kerusuhan. Menjadikan terjadinya kerusuhan yang terjadi , seperti pembakaran gereja , demo di depan gedung DPR / MPR. Bukannya selesai , malah banyak sekali yang meniru kejadian tersebut di kota – kota lain. Tetapi parahnya , bangsa kita selalu meniru sesuatu yang jelek dengan cepat daripada meniru hal – hal baik yang dapat membangun bangsa.

Selanjutnya , yang akan saya ulas adalah Kedamaian setelah kematian (atau Rest In Peace).Yach, kalau bicara soal yang satu ini mungkin banyak yang merasa takut……karena belum siap. Tapi sebagai makluk Tuhan yang paling mulia, siap gak siap, secara mental kita harus tetap siap. Karena tidak ada seorang-pun yang tahu kapan dirinya akan menghadap Tuhan. Tapi yang penting dan sangat – sangat perlu kita perhatikan adalah kita selama di dunia ini harus melakukan yang terbaik (melakukan se-maksimal mungkin yang terbaik yang bisa kita lakukan), tetapi tetap dengan prinsip bahwa kita harus menjauhi Larangan dari Tuhan dan melaksanakan semua Perintah Tuhan , agar paling tidak kita punya tabngan kalau sewaktu – waktu tiba saat kita.

Dari ketiga ulasan yang coba saya sampaikan, mungkin ada beberapa bahkan semuanya termasuk dalam kategori hal yang sulit dilakukan bagi tiap individu. Karena ya memang manusia itu pada dasarnya selalu merasa kurang puas terhadap apa-pun yang dialaminya , merasa kurang puas terhadap suatu keputusan yang diambil untuk kepentingan rakyat banyak. Dari dua alasan yang telah saya kemukakan tersebut , sebenarnya bisa kita atasi dengan hal positif. Tentunya tidak hanya menggunakan okol terus (karena jika menggunakan okol terus , yang terjadi bukanlah penyelesaian masalah tetapi adalah penambahan masalah , yang bisa jadi, penambahan masalah tersebut , bukan menjadi masalah yang lebih kecil dari masalah sebelumnya yang menyebabkan masalah baru terjadi , tetapi bisa jadi masalah baru yang timbul karena seringnya bermain okol, merupakan masalah besar yang membuat pengmabilan kebijakan lain lagi, dan begitu seterusnya…….sampai-sampai terkadang masalah inti bukan terselesaikan pada waktu yang diharapkan , tetapi terselesaikan setelah masalah baru yang muncul karena bermain okol selesai. Dan saya tidak menutupi fakta bahwa, terkadang berjatuhan korban jiwa (jika terjadi demo, yang melakukan aksi-aksi anarkis seperti perusakan gedung , pembakaran kendaraan di tengah jalan_bisa jadi mobil umum atau milik pribadi seseorang yang sedang melinta_).

Yah, pada intinya untuk menciptakan kedamaian di dunia ini, harus dimulai dari diri kita sendiri untuk bisa menyikapai semua masalah dengan kepala dingin dan tentunya menggunakan akal untuk menyelesaikan bukan hanya bisanya dengan main okol.

Mental-lah yang harus dibenarkan konsepsi-nya sedari dini, selagi masih bisa di bentuk.

DAMAI DI BUMI , DAMAI DI SURGA!!!!!!!!
KEDAMAIAN UNTUK SEMUA..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar