Minggu, 10 April 2011

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ANTARA SUBSTITUTION EFFECT HICKS DAN SUBSTITUTION EFFECT SLUTSKY DALAM TEORI KONSUMEN.

Dalam pengertian Teori Konsumen yang berarti membelanjakan pendapatan yang dimiliki untuk memperoleh barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan maksimal bagi si konsumen dipengaruhi oleh berbagai factor , diantaranya Efek Substitusi dan Efek Pendapatan. Kedua factor tersebut sangat berkaitan erat dengan teori konsumen karena berkaitan dengan daya beli dan kepuasan yang akan didapat setelah mengkonsumsi barang yang dibeli dari pendapatan yang ada. Jika salah satu dari factor – factor tersebut berubah atau bahkan kedua factor tersebut, maka akan terjadi keseimbangan konsumen yang berbeda – beda.
Ada 2 metode yang berkenaan dengan Efek Substitusi ini , yaitu Metode yang dikembangkan oleh Hicks dan Slutsky.

a. Efek Substitusi menurut J.R Hicks.
Teori ini menekankan bahwa pendapatan yang dimiliki masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka akan dua barang (X dan Y) akan tetap dapat terpenuhi meski mengorbankan salah satu barang untuk menambah barang yang lain , meski sama – sama merupakan kebutuhan. Sehingga dapat dikatakan, dengan berubahnya pendapatan atau tidak , kepuasan maksimum yang sebelumnya sudah diperoleh , akan tetap sama , dengan catatan seorang konsumen tetap membeli barang yang dibutuhkannya (meski harus terjadi preferensi).

Dapat dilihat pada kurva dibawah ini :

















b. Efek Substitusi menurut E. Slutsky.
Teori ini menekankan bahwa pendapatan yang dimiliki masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka akan dua barang (X dan Y) akan tetap dapat terpenuhi. Dan apabila ada perubahan pendapatan (semisal naik), akan membuat daya beli ikut meningkat (atau menurun jika pendapatan menurun), (terlepas barang yang dikonsumsi tersebut sudah merupakan keseimbangan konsumen atau tidak). Teori ini lebih elastic dibanding dengan teori Hicks (karena hanya mengandalkan pada harga dan jumlah yang dapat dimiliki).
Dapat dilihat pada kurva dibawah ini :

















Kedua teori ini juga memiliki PERSAMAAN yaitu : Kedua teori ini kurang elastic dibandingkan kurva permintaan biasa (yang menunjukkan efek substitusi maupun pendapatan).

Dan berikut merupakan tabel jika kedua kurva tersebut digabungkan:
















Teori Hicks mempertahankan pendapatan riil konstan dengan mempertahankan kedudukan konsumen pada kurva IC II semula. Di lain pihak , Slutsky mempertahankan pendapatan riil konstan dalam pengertian bahwa konsumen dapat membeli kombinasi X dan Y semula yang dinyatakan oleh titik E (keseimbangan konsumen pertama / ke -1 ).

1 komentar: